Sosialisasi Visi & Misi

Uncategorized

Penyebaran/sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran yang dilakukan oleh Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ kepada :

  1. Dosen
    Sosialisasi visi, misi dan tujuan untuk para dosen dilakukan melalui beberapa kegiatan berikut :
    a. Rapat rutin dosen setiap awal, pertengahan, dan akhir semester.
    b. Penyebaran surat edaran kepada dosen.
    c. Pembuatan dokumentasi visi, misi, dan tujuan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ dalam bentuk wall pictures, tercantum dalam rancangan pembelajaran semester (rps), modul tutorial.
    d. Penyusunan dan diseminasi visi, misi, dan tujuan dalam profil Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi
    e. Penyusunan dan diseminasi visi, misi, dan tujuan dalam pedoman akademik
  2. Mahasiswa
    Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran untuk para mahasiswa dilakukan melalui beberapa kegiatan sebagai berikut :
    a. Pada saat masa masa ta’aruf mahasiswa (mastama).
    b. Pada saat awal pekuliahan (studium generale) dan kontrak perkuliahan.
    c. Pembuatan brosur yang berisikan tentang visi, misi dan tujuan.
    d. Penulisan hiasan dinding (wall pictures) di kelas.
    e. Pertemuan forum komunikasi orang tua mahasiswa (forwa)
    f. Publikasi melalui papan pengumuman yang ditempelkan di setiap lantai di lingkungan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, modul pembelajaran, buku panduan Akademik, buku panduan kemahasiswaan tertulis dalam web FKK UMJ (www.fkkumj.ac.id) (www.S1bidan.umj.ac.id)
  3. Tenaga Kependidikan
    Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran untuk tenaga kependidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan sebagai berikut :
    a. Rapat rutin pimpinan dengan tenaga kependidikan dan pejabat di lingkungan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ yang dilakukan sebulan sekali.
    b. Rapat koordinasi pimpinan dengan tenaga kependidikan.
    c. Penulisan hiasan dinding (wall pictures) yang berisikan tentang visi, misi dan tujuan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ yang ditempelkan di dinding, ruang sidang dan di ruang tamu.
    d. Publikasi melalui website (www.akbidrsij.ac.id), (www.fkkumj.ac.id) dan papan pengumuman
    e. Pembagian kalender

Pengukuran Pemahaman Visi dan Misi

Dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk mensosialisasikan visi, misi maka perlu dilakukan pengukuran tentang tingkat pemahaman civitas akademika dengan cara penyebaran kuesioner kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Penyebaran kuesioner ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data tentang tingkat pemahaman civitas akademika terhadap visi dan misi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ. Hasil penyebaran kuesioner di analisis dengan menggunakan statistik untuk mendapatkan gambaran tingkat pemahaman civitas akademika. Pengukuran civitas akademika tentang visi dan misi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi FKK-UMJ dapat dikategorikan dengan paham dan tidak paham. Hasil ukur civitas akademika dengan kategori paham dapat digambarkan pada tabel sebagai berikut :