Prosedur Kegiatan Mahasiswa

Beberapa kegiatan mahasiswa :
a. Mentoring dan sharing, dilakukan pada mahasiswa baru untuk mendapatkan bekal pemahaman Islam, solusi dari masalah yang mungkin dihadapi awal pendidikan dikampus.
b. Kajian awal sistem agar mahasiswa mendapat tambahan wawasan keilmuan agama.
c. Seminar kemuslimahan pada mahasiswa pra klinik agar mahasiswa semakin kuat pemahaman islamnya sehingga tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi.
d. Tahsin Al-Qur’an dengan tujuan menanamkan rasa cinta terhadap Al-quran, fasih, serta dapat menghafal surat pendek (Juz 30) dan mendapatkan sertifikat hafalan juz 30.
e. Week of Welcome, kegiatan ini bertujuan mahasiswa dapat memahami kehidupan kampus yang bernuansa islami yang akan menjadi atmosfir kehidupan kampus yang berintelektual, kritis dan empati terhadap lingkungan sekitar.
f. Masa Bimbingan Mahasiswa Baru (MABIM), bertujuan mahasiswa dapat menerapkan materi yang diberikan dalam kehidupan organisasi dan pemecahan masalah sehari hari serta terbentuknya karakter kepimpinan bagi mahasiswa.
g. Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Lokal (LKMM) merupakan pelatihan untuk regenerasi dan maintenance kepada mahasiswa baru dengan melakukan penyampaian visi, misi dan goal, sehingga untuk selanjutnya tercipta generasi berjiwa pemimpin, cerdas, inovatif dan berwawasan, serta terbentuknya pribadi yang mampu menjadi pemimpin yang dapat memberikan suri tauladan yang baik yang tercermin baik pada sikap maupun perilaku
h. SOD Lokal (School Of Design), untuk mendapatkan ilmu pengetahuan desain, bidang jurnalistik, serta ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk melanjutkan dan menjalankan pembuatan majalah kampus (Mediastinum).
i. SOK Lokal (School Of Kastrat) Lokal, sebagai wadah mahasiswa agar dapat mengkaji suatu isu dan melakukan pergerakan yang positif, serta mahasiswa yang kritis.
j. Training for Trainer (TFT), suatu bentuk pelatihan bertujuan untuk menghasilkan seorang trainer yang dapat berkontribusi dalam berbagai bidang khususnya bidang kesehatan dengan kompetensi utama seperti berkomunikasi efektif, public speaking, mentoring, facilitating, leadership.

  1. Upaya untuk melaksanakan dan meningkatkan hasil kerjasama kemitraan (termasuk dengan Rumah Sakit Pendidikan atau sarana pelayanan kesehatan) :
    a. Membuat kesepakatan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan rumah sakit pendidikan.
    b. Melakukan monitor dan evaluasi secara berkala dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja FKK UMJ.
    c. Menambah fasilitas wahana pendidikan bagi pendidikan profesi bidan untuk rotasi klinik di rumah sakit jejaring dan pendidikan utama, dimana mahasiswa sekaligus dapat mengaplikasikan teori dengan kenyataan di lapangan secara langsung sehingga memperoleh kemampuan yang memenuhi kompetensi.
    d. Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan di dalam dan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian di Masyarakat.
    e. Melakukan kerjasama dengan alumni lulusan prodi D III Kebidanan dalam kegiatan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  2. Upaya dan prestasi memperoleh pendanaan.
    Upaya yang dilakukan program studi dalam memperoleh pendanaan adalah dengan melakukan :
    a. Mengikutsertakan dosen dalam klinik proposal penelitian dan pengabdian masyarakat
    b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan buku ajar, modul dan penulisan artikel.
    c. Adanya roadmap penelitian dosen sesuai bidang ilmu
    d. Adanya workshop penyusunan proposal hibah kompetitif baik penelitian dan pengab
    e. Sosialisasi informasi adanya hibah penelitian dan pengabdian masyarakat
    f. Pelatihan metodologi penelitian.
    g. Pelatihan penyusunan proposal untuk memperoleh dana hibah secara. berkesinambungan bagi dosen.
    h. Pelatihan program kreativitas mahasiswa.
    i. Pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat.
  3. Prestasi yang pernah dicapai oleh program studi dalam memperoleh pendanaan seperti:
    a. Mendapatkan beasiswa dari DIKTI untuk studi lanjut bagi dosen.
    b. Mendapatkan hibah penelitian dari Kementrian agama bagi dosen.
    c. Mendapatkan hibah program kreatifitas mahasiswa Pekan Ilmiah Nasional dari DIKTI.
    d. Sertifikasi dosen.