OSCE Objective Structure Clinical Examination – Uji OSCE Angkatan II (salah satu syarat untuk mengikuti UKOM)

Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta melaksanakan kegiatan OSCE pada 06 Agustus 2024 untuk mahasiswa tingkat akhir Angkatan II tahun akademik 2023/2024.

 

OSCE Objective Structure Clinical Examination adalah suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE memiliki keunggulan karena dapat menguji tahap demonstrasi yang lebih tinggi tingkatannya dibandingkan ujian tulis. Ujian Akhir ini digunakan untuk menetukan kelulusan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Profesi Bidan sekaligus menyiapkan lulusan menghadapi Ujian Kompetensi Nasional. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ujian Akhir Program diikuti oleh semua mahasiswa prodi Pendidikan profesi bidan yang telah menyelesaikan seluruh kegiatan pendidikan profesi, Ujian terdiri dari 8 stasion untuk menguji kompetensi anamnesis, pemeriksaan fisik/penunjang, perumusan diagnosis/masalah, prosedur Tindakan klinis, KIE/konseling, Kolaborasi, Pendokumentasian dan perilaku professional sesuai Blue print yang telah disusun.  Penguji ujian OSCE merupakan penguji dari Pendidikan yang telah memenuhi kualifikasi minimal berlatar belakang Pendidikan Profesi Bidan. Ujian Akhir Program ini telah didesaint terstandar dari mulai persiapan ruang ujian sampai dengan atribut pendukung telah disesuaikan berdasarkan stase uji. Probandus yang digunakan dalam ujian ini juga sudah dilatih sebelumnya, sehingga dapat berperan sesuai dengan tugas masing-masing.

 

Penentuan kelulusan dalam ujian OSCE menggunakan penilaian secara global rating. Apabila dalam kegiatan ujian OSCE mahasiswa ada yang dinyatakan tidak lulus maka harus mengikuti ujian ulang pada hari yang telah ditentukan sesuai stase uji yang belum lulus.